.

Upacara Hari santri IAIN Kerinci Berlangsung Khidmat

SUNGAIPENUH-Upacara hari santri IAIN Kerinci di ikuti oleh para dosen Dan mahasiswa berlangsung dengan Khidmat, Jumat (22/10/2021)

Sebagai pembina upacara, Warek I Dr. Ahmad Jamin, S.Ag., S.IP., M.Ag. mewakili rektor yang berhalangan hadir karena sedang menjalankan dinas luar kota. Dalam sambutanya, membacakan sambutan Kemenag RI, mengatakan Maksud tema Santi Sraga Jiwa Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan lndonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Siaga Jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran lslam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa lndonesia.

Bila zaman dahulu jiwa santri selalu siap dan berani maju untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan lndonesia, maka santri hari ini tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak persatuan dan kesatuan lndonesia.

“Jadi, Siaga Jiwa Raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan cara digembleng melalui berbagai ‘tirakat’ lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Kegiatan hari santri Berlangsung Khidmat Dan lancar. Upacara dihadiri Warek III Dr Halil Khusairi, MAg, Para Dekan Dan dosen serta mahasiswa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *